Review Kurikulum Program Studi Manajemen UMS oleh Reviewer External Dalam Negeri

Solo, 5 Oktober 2022 – Program Studi S1 Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima kunjungan penting dari Dr. Atmaji, M.M, yang merupakan Ketua Program Studi S1 Manajemen Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kunjungan tersebut adalah bagian dari upaya evaluasi dan review terhadap kurikulum Program Studi Manajemen UMS.

Dalam pertemuan yang berlangsung, Dr. Atmaji memberikan beberapa penilaian dan saran penting terkait dengan kurikulum yang telah diterapkan di Program Studi Manajemen UMS. Beberapa poin utama yang dibahas dalam review tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Struktur Mata Kuliah Runtun: Dr. Atmaji memuji struktur mata kuliah yang telah ditawarkan setiap semester di Program Studi Manajemen UMS. Ia mencatat bahwa mata kuliah-mata kuliah tersebut telah dirancang dengan baik, mulai dari mata kuliah dasar hingga mata kuliah lanjutan, sehingga memberikan kesinambungan dalam proses pembelajaran.
  2. Kurikulum MBKM: Mengingat bahwa kurikulum tahun 2020 adalah kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Dr. Atmaji menyarankan agar program studi ini menyusun kurikulum yang dapat mengakomodasi baik mahasiswa yang akan mengambil jalur MBKM maupun mahasiswa yang memilih jalur konvensional.
  3. Mata Kuliah Pilihan: Untuk memenuhi kebutuhan profil dan kompetensi lulusan yang beragam, Dr. Atmaji merekomendasikan penambahan beberapa mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan minat studi atau konsentrasi. Mata kuliah ini dapat berisi materi yang mencakup keluasan maupun kedalaman bidang studi.
  4. Dua Jalur Mata Kuliah Pilihan: Poin 4 menggambarkan pentingnya mata kuliah pilihan yang menginduk pada minat studi atau konsentrasi, yang dapat digunakan untuk memperluas atau memperdalam mata kuliah bagi mahasiswa jalur konvensional, dan sebagai mata kuliah pengakuan bagi mahasiswa yang mengambil jalur MBKM.
  5. Panduan Tugas Akhir yang Berbeda: Dr. Atmaji menyarankan penyusunan panduan tugas akhir skripsi yang berbeda antara mahasiswa jalur konvensional dan MBKM, mengingat perbedaan dalam jalur pembelajaran mereka.
  6. Rekonstruksi Kurikulum dan Hubungan dengan CPL: Proses rekonstruksi kurikulum harus melibatkan revisi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) untuk setiap mata kuliah. Dr. Atmaji menyarankan pembuatan matriks hubungan antara mata kuliah dan CPL untuk memudahkan dosen dalam menetapkan CPL pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
  7. RPS Berdasarkan Kurikulum Baru: Dalam upaya menyusun kembali kurikulum, Dr. Atmaji menekankan pentingnya penyusunan ulang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk semua mata kuliah sesuai dengan kurikulum baru yang telah ditetapkan.

Kunjungan Dr. Atmaji merupakan langkah penting dalam pengembangan Program Studi Manajemen UMS, yang bertujuan untuk memberikan pendidikan berkualitas dan relevan untuk mahasiswa. Diharapkan bahwa saran-saran yang diberikan oleh Dr. Atmaji akan menjadi panduan berharga dalam penyusunan kurikulum yang lebih baik di masa depan.

Scroll to Top